Cardiff – Dia Berlari: Cardiff

Bagaimana saya akhirnya berlari sepanjang The Taff Path

oleh Fiona Gagg

Dia Berlari: Tantangan Ulang Tahun ke-2 Cardiff – The Taff Path

Pada Musim Gugur 2020, She Runs: Cardiff mengumumkan tantangan medali ulang tahun pertama mereka. Saya membaca ide luar biasa semua orang untuk tantangan mereka tetapi terjebak untuk apa yang harus saya lakukan. Saya benar-benar ingin melakukan sesuatu yang besar yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, sesuatu yang menarik dan, yah, menantang. Kemudian inspirasi melanda. Bagaimana jika saya berlari sepanjang Taff Path? Tidak dalam sekali jalan jelas. Itu akan gila, tetapi jika saya membaginya menjadi beberapa bagian, bisakah saya melakukannya? Apakah saya berani melakukannya? Bagaimana jika saya tersesat dan harus dijemput oleh Mountain Rescue? Itu mungkin tampak seperti ketakutan yang ekstrem tetapi mereka yang mengenal saya, tahu bahwa saya bisa tersesat di rumah saya sendiri.

Saya melakukan sedikit riset lalu mengambil napas dalam-dalam dan mempostingnya di grup Fb. Sekarang saya harus melakukannya karena saya telah memberi tahu sekitar 1000 orang bahwa saya akan melakukannya. Saya melakukan lebih banyak perencanaan dengan peta OS dan spreadsheet karena saya menyukai spreadsheet dan mencari tahu di mana saya bisa mulai dan berhenti dan mungkin diambil di sepanjang rute. Semuanya menjadi seru…. kemudian kami kembali ke penguncian, dan Anda tidak bisa meninggalkan county Cardiff. Saya kecewa tetapi saya memodifikasi tantangan saya untuk berlari di sekeliling Cardiff sebagai gantinya. Pada 11 Oktober 2020 saya melakukan lari pertama saya dari Fort Coch ke Cefn Onn Park.

Saya tidak tersesat.

Saya sangat menikmatinya.

Saya terpeleset di atas batu dan pergelangan kaki saya patah.

Itu adalah akhir dari tantangan ulang tahun 2020 saya. Tidak berjalan selama 9 minggu. Saya menggantung medali di rak medali saya meskipun saya tidak merasa benar-benar mendapatkannya.

Roll on Autumn 2021 dan pengumuman tantangan medali ulang tahun kedua. Tantangannya adalah memasukkan nomor 2 ke dalam tantangan Anda. Saya memikirkan kembali tahun 2020 dan kegembiraan merencanakan lari Taff Path dan meskipun itu hanya sangat longgar, saya memutuskan untuk melakukan upaya kedua saya untuk menjalankannya. Saya menggali rencana saya dari tahun sebelumnya kemudian membicarakan masalah ini dengan suami janda saya yang sudah lama menderita. Dia begitu terbiasa dengan saya mengatakan “Saya akan lari” sehingga dia bahkan hampir tidak mengangkat alis ketika saya bertanya apakah dia bisa mengantar saya dan menjemput saya setiap akhir pekan di titik-titik acak di sepanjang jalan setapak. Lebih baik lagi, saya memiliki arloji baru dengan fungsi peta sehingga saya dapat memprogram rute ke dalamnya untuk mencegah skenario mimpi buruk Penyelamatan Gunung.

Minggu 1 – Brecon ke Talybont Reservoir (8 mil)

Lari pertama saya adalah Minggu 3 Oktober. Saya telah meyakinkan suami dan anak-anak saya bahwa mereka akan menikmati sore di Brecon sementara saya melakukan perjalanan 8 mil pertama. Rasa gentar saya di dalam mobil saat kami melewati musim hujan di atas A470 hampir membuat saya meminta untuk kembali tetapi saya terus berpikir, “Jika saya tidak mulai sekarang, saya tidak akan pernah.” Ajaibnya, pada saat kami tiba di Brecon, matahari sudah bersinar. Gambar singkat dengan anak-anak saya di awal dan pelukan dari semua orang dan saya turun ke jalan setapak kanal. Paranoia muncul dengan cepat dan saya menghabiskan 2 mil pertama terus-menerus memeriksa rute dan panik karena kehilangan belokan saya tetapi Taff Path ditandai dengan sangat baik, jadi saya dengan mudah melihat belokan kanan pertama saya dari jalan setapak dan ke apa yang ternyata cukup jauh. jalan B sibuk.

Ini terbukti menjadi kelemahannya karena terutama jalur siklus. Sebagian besar sisa bagian ini berada di sepanjang jalan B tanpa trotoar atau bahkan rerumputan di banyak tempat dan saya harus terus melompati pagar tanaman ketika sebuah mobil mendekat. Kalau dipikir-pikir, saya seharusnya terjebak di jalur kanal sampai ke Talybont di Usk, tetapi saya dengan keras kepala bertekad untuk menjalankan Jalur Taff yang sebenarnya, jadi saya dengan gigih mengikuti rambu-rambu. Pada satu titik, saya bisa melihat jalan setapak kanal lagi dan saya memanjat sebuah gerbang dan menyeberangi ladang domba untuk bergabung kembali, tetapi kepanikan karena terjebak di sisi kanal yang salah membuat saya kembali ke jalan yang saya datangi dan keluari. B jalan lagi. Satu jam dan 40 menit kemudian, keluarga saya melewati saya di dalam mobil dalam perjalanan mereka ke pertemuan kami dan pemandangan mereka semua melambai dan tersenyum mendorong saya untuk setengah mil terakhir. Mereka mengenal saya cukup baik untuk tidak berhenti dan menawarkan untuk menjemput saya di sana karena itu bukan “akhir”. Bagian pertama selesai dan saya merasa telah mencapai sesuatu yang luar biasa, terutama karena saya tidak tersesat.

Minggu 2 – Talybont Reservoir ke Brecon Mountain Railway (12,5 mil)

Minggu 2 direncanakan untuk jangka panjang – 12,5 mil dari puncak Talybont Reservoir ke Pontsticill. Navigasi yang sukses minggu lalu dan fakta bahwa 5 mil pertama atau lebih sudah akrab karena mereka merupakan bagian dari rute Brecon Path Half Marathon berarti saya tidak terlalu khawatir tersesat, setidaknya di awal. Yang harus saya ingat adalah berbelok ke kiri di puncak bukit.

Alih-alih membuat keluarga miskin saya berkeliaran selama 3 jam, kami pergi berkonvoi untuk meninggalkan mobil saya di akhir dan kemudian berkendara ke awal. SatNav membawa kami pada perjalanan berbulu ke sisi waduk Talybont, banyak yang benar-benar berubah menjadi Taff Path jadi itu membantu untuk melihat beberapa di muka. Suami saya kurang senang!

Saya keluar dari tempat yang saya selesaikan minggu sebelumnya dan menuju ke puncak waduk. Cuaca kembali bersahabat dengan saya dan pagi itu sangat cerah. Jalan melalui hutan benar-benar kosong. Rasanya luar biasa – hanya saya dan jejaknya. Ketika saya mencapai puncak bukit sepanjang 5 mil, jalan setapak berbelok ke jalan yang telah kami kendarai dalam perjalanan ke sini. Setelah kesunyian hutan, tiba-tiba sepertinya ada banyak orang di sini, campuran pengendara sepeda dan pejalan kaki tetapi tidak ada pelari gila seperti saya. Dari sini, jalan setapak sebagian berlanjut di jalan raya dan sebagian lagi di jalan setapak melalui hutan sampai Anda tiba di Pontsticill. Akhirnya, ada beberapa jalan B yang lebih menakutkan tanpa trotoar sampai saya tiba kembali di mobil saya yang diparkir di luar sebuah pub dekat Brecon Mountain Railway.

Ini jelas merupakan bagian tercantik dari Taff Path saat Anda melewati hutan dan melintasi puncak bukit di sepanjang Talybont dan kemudian waduk Pontsticill dan tentu saja merupakan bagian favorit saya. Hal ini juga di mana sebagian besar elevasi terjadi, sebagaimana dibuktikan oleh saya membuat tempat ketiga untuk elevasi di mingguan Strava spherical up minggu itu.

Minggu 3 – Rel Kereta Gunung Brecon ke Aberfan (9 mil)

Saya memiliki beberapa perusahaan minggu ini yang memberi suami dan anak-anak saya seminggu libur dari perjalanan panjang untuk mengantar mumi di beberapa titik terkutuk di antah berantah. Rencana rumit dibuat untuk tempat bertemu, tempat menurunkan berbagai mobil, dll. Sekali lagi, cuaca cerah dan kami berdua berangkat dari dekat Brecon Mountain Railway menyusuri jalan setapak menuju Merthyr Tydfil. Bagian ini semua jalan aspal tetapi berjalan di bawah pepohonan, jadi Anda masih merasa seperti berada di hutan. Di sini juga semuanya menurun, jadi kami benar-benar terbang. Pada mile 4 di Merthyr Tydfil, kami bergabung dengan teman lain dan terus turun ke Aberfan. Saya belum pernah ke Aberfan sebelumnya meskipun telah tinggal di Cardiff selama hampir 25 tahun. Peringatan bencana itu kemudian di minggu itu dan kami selesai di jalan setapak tepat di atas taman kenangan, pengingat pedih tentang sejarah kota yang mengerikan ini.

Minggu pertama sebelumnya saya sudah membawa baju ganti kalau-kalau hujan. Ketika saya masuk ke mobil selama satu jam perjalanan kembali ke Cardiff, saya menyadari bahwa saya harus menunggu secangkir teh yang biasa saya minum, jadi untuk minggu depan dan yang lainnya, saya membawa sebotol teh dan sesuatu untuk dimakan. di akhir serta pakaian ganti. Segelas teh suam-suam kuku ternyata menjadi minuman pasca lari yang enak.

Minggu 4 – Aberfan ke Higher Boat (12,5 mil)

Keberuntungan saya dengan cuaca tidak bertahan untuk yang satu ini. Saat saya masuk ke mobil dalam kegelapan pada pukul 7.30 pagi pada hari Minggu pagi, gerimis sudah mulai turun. Matahari baru saja terbit ketika saya tiba di Aberfan dan kali ini saya melihat sekilas kuburan tempat semua anak dan guru mereka dimakamkan. Deretan batu nisan lengkung putih di lereng bukit membawa pulang berapa banyak yang hilang hari itu.

Banyak lari ini melalui hutan lagi dan meskipun Anda berlari di samping A470 cukup lama di awal, Anda bisa melupakannya di sana. Dua mil di dalam, rambu-rambu jalan mengarahkan saya untuk menggandakan diri dan menuruni beberapa langkah menuju terowongan di bawah A470. Saya dapat dengan jujur ​​mengatakan bahwa ini adalah terowongan paling menakutkan yang pernah saya masuki. Ini memiliki pipa besar yang mengalir melaluinya dan Anda tidak dapat melihat ke dalamnya sampai Anda mencapai bagian paling bawah dari anak tangga. Saya berlari melewati itu untuk keluar dari sisi lain dan kembali ke jalur hutan lagi.

Ketika saya mencapai Abercynon pada mil 6, hujan turun dengan benar. Pada saat saya mencapai Pontypridd pada mil 10, saya benar-benar basah kuyup dan benar-benar sengsara. Ini mungkin jalur yang paling tidak menarik karena menyusuri jalan yang sibuk di sisi A470 dengan truk-truk yang melewatinya dengan semburan air. Mungkin terlihat lebih baik di bawah sinar matahari. Saya terus melaju, mengitari bagian belakang Universitas South Wales dan secara ajaib hujan berhenti….selama sekitar 5 menit. Akhirnya, saya menemukan jalan setapak menuju Higher Boat dan sampai di tempat parkir Tesco dan mobil hangat dengan sebotol teh.

Minggu 5 lari 1 – Higher Boat ke Coryton (5 mil ditambah sedikit lebih)

Karena itu setengah semester, saya membagi bagian terakhir menjadi 2 putaran daripada harus melakukan 12 mil lagi. Anak perempuan saya berada di rumah kakek-nenek mereka dan saya biasanya selesai pada jam 3 sore pada hari Rabu, jadi saya memanfaatkan ini dan kembali ke Higher Boat. Ternyata menjadi salah satu lari di mana saya merasa sulit untuk menyelesaikannya. Ada cukup banyak gangguan dalam 2 mil pertama dengan memilah ransel saya dan makan permen yang sebenarnya tidak saya butuhkan tetapi telah meyakinkan diri saya bahwa saya tidak bisa melakukannya tanpanya. Lucu bagaimana lari terpendek ternyata yang paling sulit. Terlepas dari kenyataan bahwa bagian dari jalan setapak ini melewati space yang cukup padat, setidaknya dibandingkan dengan bagian sebelumnya, saya hampir tidak melihat orang sama sekali. Rasanya agak kesepian tapi mungkin itu hanya kerangka berpikir saya hari itu. Ketika saya sampai di Tongwynlais, tiba-tiba saya kembali ke tempat yang saya kenal dan saya tidak membutuhkan arloji lagi untuk memberi tahu saya ke mana harus pergi. Saya berhenti di tempat jalan setapak bertemu Longwood Drive yang berencana menelepon suami saya untuk menjemput saya, tetapi tiba-tiba, memutuskan untuk berlari pulang dari sana. Bukan lari tercantik di sepanjang Manor Method di malam yang gelap gulita, tapi aku telah melakukannya. Satu lagi untuk pergi….

Minggu 5 lari 2 – Coryton ke Cardiff Bay (7 mil)

Lari terakhir! Prakiraan cuaca untuk akhir pekan terakhir bulan Oktober sangat buruk. Awalnya saya bermaksud melakukan lari ini pada Halloween tetapi memutuskan untuk memanfaatkan cuaca kering yang paling mungkin dan pergi pada hari Sabtu sebagai gantinya. Saya keluar dari mobil di Longwood Drive di tengah hujan lebat! Sudahlah, bukannya saya tidak pernah basah kuyup dalam tantangan ini dan saya belum pernah menjadi pelari fairweather. Ini adalah bagian yang paling acquainted dari Taff Path sehingga tidak diperlukan navigasi. Saya pasti telah melewati bagian ini seratus kali tetapi entah bagaimana kali ini terasa berbeda. Itu adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar dan entah bagaimana istimewa.

Saat saya berlari menyusuri Bute Park, saya menemukan bahwa apa yang selalu saya pikirkan adalah Taff Path ternyata tidak! Itu melintasi sungai di Jembatan Blackweir ketika saya selalu menganggapnya terbawa lurus ke Bute Park. Tentu saja, saya menyeberangi jembatan karena saya berlari di setiap langkah Taff Path yang sebenarnya. Lanjutkan ke pusat Cardiff di mana kota itu bersiap untuk pertandingan internasional rugby dengan Wales v All Blacks. Di sini benar-benar sibuk dan saya masuk dan keluar dari sekelompok orang yang semuanya menuju ke pertandingan (atau pub!) Akhirnya, setelah 55 mil dan sekitar 11 jam berlari, saya mencapai Teluk Cardiff. Ajaibnya, Roald Dahl Plass benar-benar kosong dari orang, jadi saya berlari ke tengahnya dengan perasaan seperti pahlawan. Itu epik.

Ternyata saya tidak sepenuhnya yakin di mana ujung resmi Taff Path berada di Cardiff Bay, jadi saya hanya berhenti ketika saya sampai di air dan menghadiahkan diri saya sendiri medali saya yang kebetulan tiba tepat sebelum saya berangkat untuk lari terakhir.

Saya sebenarnya cukup sedih bahwa ini adalah akhirnya. Lari ini adalah salah satu yang paling menyenangkan yang pernah saya lakukan. Rasa pencapaiannya luar biasa dan tahun ini saya merasa telah mendapatkan medali itu. Saya menantang diri saya untuk melakukan sesuatu yang besar dan saya berhasil.

Jika ada orang lain yang berpikir untuk berlari di Taff Path, hitunglah saya – saya akan senang melakukannya lagi.